wELcome to my BLOg...seMOga bermanfaat bagi semuanya...

Jumat, 03 Desember 2010

*semua Tentang M A W A R*

hmm... Ada yang biLang " Mawar tuu tAndanya Orang jatuh Cinta luu ?" ap Bner sihh kyak gtu ?
eMAnk sih kebanyakan orang itu jika ingin mengutarakan perasaanya ke lawan jenis, agar terlihat Lebih menarik dan terlihat ROMANTIS mesti membawa seuntai bunga yang emank kebanyakan "MAWAR" kalau gag gitu ya Melati,dll. Tapi Dari 100% orang,95% banyaknya menyukai bunga mawar sebagai benda atau barang yang maw di berikan kepada orang lain(baik orang yang di sukai,maupun keluarga,teman dan sahabat). Lagu pun dari seorang Penulis lagu,ada yang memakai patokan tentang Mawar.. hmm,, it's very Beautiful!!!!!!!!!
guys,, MUNGkin semunya juga sudah banyak tau, dan familiar dengan Bunga Mawar ini !! hehehe.. kalu yang gag tau yaa KEbangetenn kaleeeeeeeeee........... hehehehe*. Tapi mungkin sebagian kalian gag seberapa tau deh, tentang macam-macamnya mawar ini.. *kan banyakk macamnya euy*.. Pingin tau kan ????
Pantenginn aja truss nii Note yaa,, hahahaha *.*

nih Guys..disampink kiri adalah salah satu contoh mawar, tau gag namanya apa ??(pasti gag tau)hehehe*nyindirr*.
oke deh, mumpung saya lagi berbaik hati nih,, hehehe* Tak tunjukin klasifikasinya


Kerajaan: PLANTAE
Divisi: MAGNOLYOPHITA
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Upafamili: Rosodieae
Genus: Rosa L




























Dari Gambar di atas kita bisa mendiskripsikannya guys..apa sih dan darimana sih mawar itu berasal???? *ini mah pelajaran biologi anak SD* hehehe...
 
Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.  nAh itu teman diskripsinya ROSE alias dalam negeri kita yang disebut dengan MAWAR. Oh ya ada lagi guys.,
Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Guys, pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi. Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tanaman mawar. Beberapa spesies mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

Teman, Ternyata mawar juga dapat dijangkiti beberapa penyakit seperti karat daun yang merupakan penyakit paling serius. Penyebabnya adalah cendawan Phragmidium mucronatum yang menyebabkan kerontokan daun. Penyakit yang tidak begitu berbahaya seperti Tepung Mildew disebabkan cendawan Sphaerotheca pannosa, sedangkan penyakit Bercak Hitam yang ditandai timbulnya bercak-bercak hitam pada daun disebabkan oleh cendawan Diplocarpon rosae.
 hmm.. Mawar tak kala dengan tumbuhan lain teman teman yang secara ilmiah emank tanaman lain dapat digunakan sebagai obat-obatan seperti tanaman Sanseivera dan sejenisnya. Mawar pun juga ada manfaatnya,selain sebagai tanaman hias maupun bunga potong buat kita sebagaii :
  1. Antidepresan
  2.  Antiviral
  3. Antibakteri
  4. Antiperadangan 
  5. sumber vitamin C, di buat sebagai parfum, di manfaatkan menjadi teh, jelly dll.
Disini saya juga akan menyebutkan guys,, macam-macam MAWAR.. Secara garis besar Mawar di bagi menjadi9 kelompok besar :
  • Wild roses (Mawar Liar): asalnya tumbuh liar, bentuk bunga sederhana, sudah dikenal manusia sejak zaman dulu. Beberapa spesies mawar terkemuka yang disebut di atas dan beberapa hibrida yang dihasilkannya merupakan contoh mawar liar.  
  • Old Garden Roses: tanaman hasil persilangan sebelum diperkenalkannya Hybrid Tea di tahun 1867. Bentuk bunga unik dan berbau harum 
  • Climbing Roses (Mawar Memanjat): kelompok yang suka merambat di pagar atau bangunan kanopi, misalnya: Ayrshire, Climbing China, Laevigata, Sempervirens, Noisette, Boursault, Climbing Tea, dan Climbing Bourbon. 
  • Shrub Roses (Mawar Semak): kelompok dengan kebiasaan semi-memanjat, merambat pada pagar dan bangunan kanopi. Bunga kecil sampai sedang, mekar tahan lama. 
  • Modern Garden Roses (Mawar Modern Garden): Keturunan dari mawar Old Garden dan bentuknya beraneka ragam. Kelompok ini dibagi-bagi berdasarkan ukuran tanaman dan ciri khas bunga, misalnya: "tanaman semak dengan bunga besar," tanaman semak dengan bunga besar berulang kali," "bunga berkelompok," "menjalar, bunga berulang kali," "semak pendek, berbunga sekali." Sebagian besar kultivar model mutakhir dapat digolongkan ke dalam 2 kelompok: Hybrid Tea, dan Floribunda. 
  • Buck Roses: namanya diambil dari nama Profesor Griffith Buck (ahli hortikultura dari Iowa State University) yang memuliakan lebih dari 90 varietas mawar. Buck roses tahan terhadap penyakit dan keganasan musim dingin. 
  • English Roses: kelompok yang merupakan hasil hibrida antara mawar Old Garden dan mawar modern. Bunga berbau harum dan berbunga berulang kali. 
  • Miniature Roses: kelompok dengan bunga berukuran mini (diameter 2-5 cm) dan berbunga berulang kali
nahh lo!!!!!! udah namanya bagus-bagus, nama ilmiahnya pun gag kalahh unik..  Pantes aja kalau Mawar or ROSE banyak di sukai dan di minati oleh masyarakat di dunia ini. Cantik,Indah, juga harum pantes buat MAWAR .. Di Indonesia mawar yang terkenal adalah sejenis Hybrid Tea dan Medium.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c3/Rose_zepherine_drouhin_img_1838.jpg

.. nahh teman semoga ilmu tentang MAWAR ini bisa bermanfaat bagi kita dan bagi semua yang membacanya.. "gapailah ilmu sejauh mungkin. walau sampai ke negeri CINA" ..





"Data  diperoleh dari Wikipedia:  http://id.wikipedia.org/wiki/Mawar "

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar